smart and sexy mom

6 bahan kimia berbahaya untuk ibu hamil

Posted on: 23/11/2009


Ketika tabel strip di test pack bergaris dua, biasanya para ibu sudah mulai banyak pertanyaan di kepala. Bukan cuma soal kesehatan janin di kandungan, tapi juga tentang masalah sehari-hari termasuk soal kosmetik yang aman digunakan selama hamil.

Yup, ini sangat beralasan karena menurut ahli dermatologi, semua yang dikonsumsi dan digunakan ibu hamil tidak hanya berpengaruh bagi si ibu, tapi juga kepada janin. Termasuk bahan kosmetik, beberapa diantaranya bisa terserap masuk ke dalam aliran darah dan berpengaruh terhadap janin. Yang perlu diingat, semakin berkhasiat sebuah produk kecantikan, maka semakin berbahaya pula akibatnya terhadap janin karena bisa dipastikan ia mengandung bahan aktif.

Nah, bahan-bahan aktif apa saja sih yang harus dihindari:
1. Retinoids
Bahan aktif ini termasuk tipe dari vitamin A yang berfungsi meningkatkan proses regenerasi sel kulit. Biasanya banyak terkandung di produk kecantikan muka yang berfungsi sebagai anti aging, menyamarkan kerut atau obat jerawat. Untuk obat jerawat biasanya mengandung turunan dari retinoid yaitu isoretinoin atau accutane. Beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin A dosis tinggi bisa menyebabkan cacat pada janin seperti lahir tanpa kepala, cacat sumsum tulang belakang, bibir sumbing, atau ginjal membalon (hydronephrosis).
Di keterangan bahan aktif, biasanya nama retinoid bisa bermacam-macam seperti:differin (adapelene), retin-A, renova (tretinoin), retinoic acid, retinol, retinyl linoleate, retinyl palmitate, tazorac and avage (Tazarotene)

2. Salicylic acid
Bahan aktif ini juga biasa terdapat di obat jerawat dan kosmetik untuk perawatan kulit seperti clenser dan toner. Fungsinya memang mengangkat minyak yang tertinggal di sela pori-pori kulit dan mengangkat sel kulit mati. Salicylic acid ini juga masuk dalam “keluarga” aspirin, jadi manfaatnya bisa mengurangi bengkak atau radang.

BHA atau beta hydroxy acid adalah turunan dari salicylic acid yang kerap digunakan sebagai bahan baku exfoliant. Dosis tinggi dari obat ini bisa menyebabkan  pendarahan pada janin, toksisitas atau keracunan pada ginjal, bayi lahir dengan kondisi bisu tuli. Penggunaan berlebih pada produk ini sama saja dengan efek dari minum tablet aspirin dua kali sehari.
Tapi jangan khawatir, dosis rendah seperti penggunaan sekali sehari pada kulit masih terbilang aman menurut para ahli. Penggunaan kosmetik yang mengandung AHA atau lactic acid/glycolic acid juga masih diperbolehkan. Jadi untuk moms yang biasa peeling atau facial untuk perawatan muka, sebaiknya mulai lebih berhati-hati. Jangan segan bertanya kepada kapster perihal ada tidaknya kandungan bahan aktif tersebut. Penggunaan bahan alami seperti buah-buahan untuk masker juga bisa jadi alternatif sehat dan murah.

3. Kedelai
Kedelai? Mungkin anda langsung berteriak seperti itu. Ini bukan kedelai yang dimakan, mom. Tapi kedelai yang digunakan sebagai bahan campuran kosmetik.
Istilah yang biasa dicantumkan dalam produk adalah Lethicin, Phosphatidylcholine, Soy atau Textured vegetable protein (TVP). Selama kehamilan, kosmetik dengan campuran ini malah bisa menyebabkan bercak hitam di wajah. Gejala ini juga bisa dialami untuk penggunaan kosmetik dengan bahan alami lain seperti minyak bergamot. Jadi kalau selama hamil muncul bercak hitam di kulit atau wajah, jangan buru-buru menyalahkan hormon sebagai penyebabnya. Teliti dulu satu per satu bahan kosmetik yang Anda gunakan.

4. Produk penghilang jerawat
Peningkatan hormon estrogen di trisemester pertama kehamilan kadang memunculkan efek samping seperti munculnya jerawat. Jika konsultasi ke dokter, biasanya akan diberi resep antibiotik. Tapi kalau ingin mengobati sendiri, usahakan untuk memakai produk pembersih wajah dengan kandungan salicylic acid tidak lebih dari 2%. Usahakan tidak memilih produk jerawat berupa lotion, gel, krim atau peeling yang mengandung bahan salicylic acid.

Kandungan aktif dalam produk penghilang jerawat:
Beta hydroxy acid
BHA
Differin (adapelene)
Retin-A, Renova (tretinoin)
Retinoic acid
Retinol
Retinyl linoleate
Retinyl palmitate
Salicylic acid
Tazorac and avage (Tazarotene)
Tretinoin

5. Produk penghilang bulu
Salah satu kelemahan dari produk penghilang bulu kimia adalah alergi. Alergi bisa menjadi masalah yang menyebalkan di saat hamil. Karena itu berhati-hati saja dengan produk penghilang bulu yang mengandung: Potassium Thioglycolate, Calcium Thioglycolate, Sodium Hydroxide, Sanguisorba Officinalis Root Extract, Hydrolyzed Soy Protein.

Pastikan Anda mengecek kadar alergi terlebih dahulu dengan mengoleskannya di kulit selama beberapa menit, dan tunggu reaksinya 1×24 jam.¬† Jika tidak ada ruam atau bengkak, berarti produk tersebut aman digunakan. Oh iya, terkadang ada beberapa kosmetik yang baik-baik saja digunakan sebelum hamil, namun menimbulkan alergi setelah digunakan saat hamil. Ini terjadi karena terkadang kulit menjadi lebih sensitif selama masa kehamilan. Solusinya, cari produk lain yang lebih aman dan tidak menimbulkan alergi.

6. Tabir surya
Titanium dioxide dan zinc dioxide masih termasuk bahan aktif tabir surya yang aman digunakan. Tapi ada beberapa kasus yang memunculkan reaksi alergi dan bercak hitam. Saran terbaik bagi masalah ini adalah hindari paparan matahari langsung di siang hari. Payung atau topi bisa menjadi alternatif.

Kandungan aktif dalam tabir surya:
Titanium dioxide
Zinc oxide
Avobenzone (Parsol 1789)
Oxybenzone
Dioxybenzone
Benzophenone
Octyl methoxycinnamate (OMC)
Para-aminobenzoic acid (PABA)
Octocrylene

Jadi moms, sudah siap untuk tampil cantik dan sehat hari ini?

Baca juga:

- <Berani berpikir di luar kotak/a><>
<Kosmetika Alami/a><>

16 Responses to "6 bahan kimia berbahaya untuk ibu hamil"

makasih banyak atas artikelnya… aku copas, n print ya…

sekalian minta ijin buat nyebarin ke temen2 bumilku… ^_^

makacih bnyak ya info nya..

izin copas n share jg ya..

Makasih banget infonya. Kebetulan saya sedang hamil muda, dan sebelumnya sering pakai produk penghilang jerawat. Jadi produk yang aman buat menghilangkan jerawat untuk ibu hamil apa ya??

Kira2 penggunaan salicylic acid dlm dosis tinggi dlm jangka wkt brp lama ya yg bahaya buat janin??mohon direply..
Sy takut coz dah 2bln trakhir ni sy pake obat jrwt yg ternyata ada salicylic acidnya.skr usia kehamilan 4bulan.tq

Kalo efek dari pemakaian kosmetik yang mengandung paraben apa? Krn sebagian besar body lotion, pasti ada parabennya…
Thanks a lot.

SPF apakah jg berpengaruh pd kehamilan?!

Sy lg hamil 4 bulan..selama hamil,sy menahan diri utk ga perawatan apapun kecuali luluran dibadan aja..tp skr sy ngerasa ga nyaman bgt muka sy terasa byk bgt komedo dan agak kusam…pgn bgt pakai face mask peel off yg bs narik komedo jg tp apa aman ya..moms yg punya pengalaman ,share please..trims..

@Mom Yepti dan Ishikawa:
silakan dishare.. Mudah-mudahan bisa membantu.

@Mom Wiwi:
Kalau kata dokter kulit saya, jerawat itu paling mudah terpicu karena hormon dan emosi. Bisa juga karena alergi. Jadi sebelum konsumsi obat-obatan, kita harus lebih dahulu observasi adakah kebiasaan hidup kita yang menimbulkan stres pada kulit. Seperti begadang, terlalu banyak minum kopi, teh atau soda, banyak pikiran dll.
Jika tidak, kita cek juga apakah wajah sering terkena debu dan lupa dibersihkan, pekerjaan kita banyak di luar rumah. Jika seperti itu, sebaiknya sering-sering membasuh muka dan menggunakan topi atau payung selama di luar ruangan. Jika sudah terlanjur berjerawat, usahakan banyak minum air putih dan menghindari faktor pencetus. Jika mau mencoba obat-obatan alami, bisa mengunjungi blog ini

http://duniawahyuni.blogspot.com/2008/01/obat-jerawat-alami.html

@Mom Intan
Saya kutipkan dari artikel saya di atas ya mom.
BHA atau beta hydroxy acid adalah turunan dari salicylic acid yang kerap digunakan sebagai bahan baku exfoliant. Dosis tinggi dari obat ini bisa menyebabkan pendarahan pada janin, toksisitas atau keracunan pada ginjal, bayi lahir dengan kondisi bisu tuli. Penggunaan berlebih pada produk ini sama saja dengan efek dari minum tablet aspirin dua kali sehari.
Tapi jangan khawatir, dosis rendah seperti penggunaan sekali sehari pada kulit masih terbilang aman menurut para ahli. Penggunaan kosmetik yang mengandung AHA atau lactic acid/glycolic acid juga masih diperbolehkan.

@Mom Jovanca
Ini ada link menarik tentang paraben. Semoga membantu ya.

http://apotekputer.com/ma/index.php?option=com_content&task=view&id=176&Itemid=52

http://rumahcantik41.blogspot.com/2010/06/memilih-kosmetik-aman-untuk-ibu-hamil.html

@Mom Dewi:
SPF efeknya lebih ke alergi saja jika tidak cocok dengan hormon kita selagi hamil, Mom.

@Mom Abel:
Saya biasa pake masker madu, Mom, untuk mengilangkan komedo. Jika ingin variasi, bisa cek di blog berikut ini

http://informasitips.com/mencerahkan-kulit-wajah-dengan-masker-pisang-madu

kalo bahan seperti mineral oil,cetyl alccohol,stearic acid, leukocyte extract, melaleuca alternifolia, ganorderma lucidium, hamamelis virginiana L, tocopheryl acetate, fragrance, sodium stearat, olive oil, ethanol, glycerine, vit A, vit C, vit E, papain enzym extract, arbutin.. itu smua gmana yaw.. bahayakah buat ibu hamil.. trimakasih saya tunggu jawabanya..

Kalau untuk ibu menyusui apa efekdari penggunaan kosmetik yang mengandung exfoliant ya..? mohon infonya..terimakasih

bagi yg mo kenalan, curhat, konsultasi, dll, silahkan
sms/call: 087729577666

Dulu saya pernah menulis mengenai hal nie.. tapi time tu x cukup maklumat…

artikel nie benar2 menjelaskan isu mengenai hal nie..

terima kasih atas penulisan awak…

[…] Nah asam salisilat itu menurut klien skinesse saya, terlarang untuk ibu hamil, ada sih artikelnya di sini. Ada artikel lain yang bilang kalo asam salisilat ituterlarang karena turunan dari […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Populer

Masukkan alamat email Anda

Join 9 other followers

Alexa

Alexa Certified Site Stats for 

http://hotmommies.wordpress.com
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: