smart and sexy mom

Waspada berat badan janin kurang

Posted on: 23/11/2009


Hai Moms…tau nggak, tenyata Kasus kelahiran bayi dengan berat badan di bawah normal banyak terjadi loh . Namun untungnya lebih dari 90 persen bayi yang lahir dengan berat badan 800 gram atau lebih bisa bertahan hidup. Nah  kategori bayi yang dibilang dibawah normal itu sendiri yang berat badannya saat dilahirkan dibawah 1500 gram (1,5 kg).

Diperkirakan sekitar 1 dari 13 kelahiran bayi memiliki berat badan rendah di bawah normal. Tapi jika bayi yang lahir berat badannya rendah, biasanya sangat rentan memiliki masalah dengan kesehatannya atau memiliki kekurangan kemampuan saat dewasa nanti. karena itu para Moms yang lagi hamil perlu ekstra waspada mengamati perkembangan berat badan janin.

Seperti dikutip dari Pregnancy, Senin (23/11/2009) penyebab umum bayi lahir dengan berat badan rendah adalah akibat konsumsi alkohol,  kebanyakan menghirup asap rokok, penggunaan obat-obatan secara teratur, gizi buruk, stres atau ketakutan berlebihan, dan  kelainan genetik. Ngga Cuma itu, Moms yang berat badannya  rendah juga bisa pengaruh ke berat janin.

Nah untuk mencegah bayi lahir dengan  berat badan kurang sebaiknya para Moms harus mengkonsumsi makanan yg bergizi dan  seimbang. Makanan yang mengandung protein adalah pilihan utama. Juga yang mengandung vitamin C dan kalsium, seperti sayuran, buah buahan, biji bijian, dan makanan kaya zat gizi dan yang berlemak tinggi .

Kalau masih kurang juga, makanlah variasi makanan di atas dengan porsi dua kali lebih banyak plus susu minimal 2x sehari. Dokter juga sering menganjurkan ngemil kue2 manis, ice cream & yoghurt untuk meningkatkan berat badan janin secara cepat. Nah menurut anjuran dokter (berdasar pengalaman pribadi),  setiap Moms berat badannya harus naik minimal 2 kg per bulan.

Saran ini berguna untuk ibu hamil di usia kandungan 8 bulan ke bawah. Biasanya setelah usia kandungan 8 bulan, nafsu makan Moms meningkat drastis dan yang terjadi justru sebaliknya, yaitu peningkatan berat badan janin. Kalau sudah begini, yang disarankan dokter pasti sebaliknya, yaitu diet rendah gula dan kalori. Tapi asupan protein tetap harus tinggi hingga akhir kehamilan.

Oh ya selain hal di atas, berat badan janin yang kurang juga bisa disebabkan karena gangguan pada plasenta, salah satunya  plasenta previa. Gangguan pada plasenta ini menyebabkan nutrisi yang mMms makan jadi ngga nyampe ke janinnya. Kalau sudah begini  resikonya bisa  prematur loh. Untuk mencegahnya  Moms dianjurkan bedrest dan mengurangi aktivitas sehari- hari. Jadi buat  para Moms, keep smart for your babbies.  (winda)

6 Responses to "Waspada berat badan janin kurang"

harus lebih waspada neh….

waduh aqo kyak e jg undErweight nih.sblm hamil brat bdanqu 40kg,ni hmil msuk 8bln brt bdanqu cuma 45.hadEw.gmN nie

bagi yg mo kenalan, curhat, konsultasi, dll, silahkan
sms/call: 087729577666

berat badan yayangku yang ada di janin sekitar 1600 gram pada usia 31 minggu (sekarang jalan 8 bulan) aku emang konsumsi obat batuk cair yg aman utk ibu hamil, apakah itu berpengaruh ya? aku takut banget bayi yg aku lahirin nanti mengalami kekurangan :(

aq juga bingung bgd nii…
27w tp berat janin q cuma 900 gr… sekarang si dah masuk 30 minggu..
tp berat badan q masih sgini” ajj…
aq takut baby q berat’y kurang ni bunda…

skrg aq dah hamil 30 minggu, bb baby 1.5 kg, kta dokter masih kurang. aq susah makan, ga suka sayur.. minum susu palingan sekali sehari. klo lbh pasti mual. gmna ya bun biar bb babyx bisa cepat naik…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Populer

Masukkan alamat email Anda

Join 9 other followers

Alexa

Alexa Certified Site Stats for 

http://hotmommies.wordpress.com
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: