smart and sexy mom

Mengenal tanda-tanda persalinan

Posted on: 08/12/2009


Bagi moms yang sudah mendekati masa-masa persalinan, perasaan khawatir, takut dan gelisah bisa jadi menghampiri. Apalagi bagi moms yang baru saja mengalami rasanya hamil anak pertama.
Jangan cemas moms. Berikut hotmommies berikan tips mengenal gejala pra persalinan.

1. Menurunnya letak janin. Pada ibu yang hamil untuk pertama kalinya, biasanya terjadi dua sampai empat minggu sebelum di mulainya persalinan. Dimana janin mulai turun ke rongga pinggul. Hal ini bisa dilihat dari luar, dimana kondisi perut semakin membuncit di bawah dan di daerah panggul, sementara bagian perut atas lebih kosong.
2. Perasaan bertambahnya tekanan pada pinggul dan lubang anus. Ini terutama terjadi jika moms mengalami guncangan seperti saat naik kendaraan umum atau motor. Gejala ini bisa juga ditambah dengan adanya rasa kejang dan nyeri tumpul. Mungkin juga terdapat sakit punggung pada bagian bawah.
3. Pada awal trisemester ketiga biasanya nafsu makan memang semakin besar. Namun seiring makin dekatnya masa persalinan, perasaan tidak nyaman justru bisa menurunkan berat badan atau berat badan stagnan. Berat normal yang biasa terjadi saat penurunan berat badan adalah sekitar 1-1,5 kg.
4. Perubahan kadar energi. Beberapa wanita hamil sembilan bulan merasa sangat letih. Beberapa lainnya merasa adanya tambahan tenaga.
5. Perubahan pada pengeluaran dari vagina. Ini ditandai dengan bertambah kental dan banyaknya cairan yang keluar dari vagina.
6. Lepasnya sumbat lendir. Karena leher rahim mulai menipis dan membuka sumbat lendir, maka bisa jadi ada sebongkah lendir yang terlepas. Bentuknya seperti agar-agar. Biasanya keluar dari saluran vagina, satu atau dua minggu sebelum kontraksi pertama dari persalinan sebenarnya atau ketika persalinan dimulai.
7. Perdarahan atau bercak darah. Karena leher rahim menipis dan membuka, pembuluh darah kapiler pecah sehingga darah mewarnai lendir yang keluar. Jika moms mendapati kejadian ini, segeralah pergi ke rumah sakit karena ini berarti persalinan bisa segera dimulai 24 setelah kejadian. Tapi jika pembukaan belum sempurna dan kontraksi belum terlalu sering, bisa juga persalinan terjadi beberapa hari kemudian.
8. Bertambahnya kontraksi Braxton Hicks. Kontraksi palsu atau kontraksi latihan ini menjadi lebih sering dan lebih kuat bahkan nyeri.
9. Diare. Beberapa perempuan bisa terserang diare tepat beberapa saat sebelum proses persalinan dimulai.

Jika tanda-tanda menuju persalinan sudah lengkap seperti di atas. Jangan ragu untuk mengontak dokter kandungan Anda, atau langsung datang ke rumah sakit untuk konsultasi. (diambil dari berbagai sumber/ Aprilia)

Baca juga artikel menarik berikut ini:
- Membaca hasil usg
- 7 Jurus jitu lancar menyusui
- Informasi kontes model ibu hamil
- Mitos kehamilan, masuk akal atau tidak

2 Responses to "Mengenal tanda-tanda persalinan"

makasih atas artikelnya mas. semoga berguna buat saya dan calon ibu dari anak saya mas….

Sama-sama. Semoga persalinannya lancar…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Populer

Masukkan alamat email Anda

Join 9 other followers

Alexa

Alexa Certified Site Stats for 

http://hotmommies.wordpress.com
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: