smart and sexy mom

Persiapan menjelang persalinan

Posted on: 19/12/2009


Meski sudah mempersiapkan segala kebutuhan saat persalinan, ada kalanya kepanikan menyambut persalinan membuat moms dan dads melupakan beberapa barang yang sebenarnya penting untuk dibawa. Karena itu ada baiknya saat usia kehamilan Anda sudah di atas 7 bulan, persiapkanlah barang-barang keperluan persalinan dalam satu wadah khusus. Jangan lupa bekerjasamalah dengan suami, hingga saat harinya tiba semua telah siap dan suami mengetahui dimana letak tas berisi keperluan setelah persalinan.

Berikut ini barang-barang yang perlu disiapkan:
1. Keperluan Anda:
a. Baju tidur. Sebaiknya anda membawa baju tidurĀ  yang mempunyai kancing di bagian depan untuk mempermudah menyusui bayi. Bawalah baju tidur secukupnya.
b. 1 set baju untuk anda pulang dari rumah sakit. Anda mungkin masih tetap terlihat seperti hamil, karena butuh waktu untuk tubuh kembali ke bentuk semula. Bawalah baju yang nyaman, dan tidak sempit.
c. Sandal.
d. Pakaian dalam. Bawalah BH untuk menyusui dan celana dalam secukupnya. Jangan lupa moms, celana dalam yang dibawa adalah celana dalam ukuran normal, sebelum hamil.
e. Pembalut wanita khusus untuk ibu bersalin.
f. Gurita atau korset untuk ibu bersalin.
g. Perlengkapan make up. Bawalah bedak, sisir, lipstick, pengharum tubuh/deodoran karena anda akan bertemu dengan teman atau keluarga setelah proses kelahiran.
h. Perlengkapan mandi seperti handuk, sabun, shampoo dll.
i. Jangan lupa untuk menyimpan fotocopy KTP suami dan istri dalam dompet, dan kartu asuransi. Atau untuk lebih amannya, simpanlah semua itu di tas yang Anda persiapkan untuk persalinan.

2. Keperluan Bayi:
Biasanya keperluan bayi akan disediakan oleh rumah sakit. Anda cukup menyediakan persiapan untuk pulang dari rumah sakit.
a. Popok, bawalah beberapa buah.
b. Baju bayi, bawalah 2 buah karena bayi kadang gumoh (memuntahkan sedikit ASI).
c. Minyak telon, bedak dan perlengkapan bayi lainnya yang telah Anda siapkan.
d. Kaos kaki dan tangan.
e. Selimut atau Bedong.
f. Gendongan.

Selain itu, persiapan yang tak kalah penting adalah menanyakan beberapa hal terkait proses persalinan dan pasca persalinan. Antara lain:
1. Tanyakan berapa orang yang boleh masuk ruang bersalin. Karena ada kemungkinan orang tua juga ingin ikut menyaksikan proses persalinan Anda.
2. Tanyakan apakah placenta atau ari-ari sudah dicuci bersih dan dimasukkan ke dalam wadah. Beberapa rumah sakit ada yang menyediakan fasilitas wadah placenta. Tapi beberapa ada yang tidak. Jika rumah sakit tidak menyediakan, berarti Anda sendiri yang harus membawanya.
3. Tanyakan apakah rumah sakit mendukung inisiasi menyusu dini (IMD). Jikapun tidak, pastikan Anda mendapatkan hak sepenuhnya sebagai konsumen, dengan memberitahukan keinginan Anda. Seperti keinginan agar anak tidak diberi susu formula sesaat setelah lahir, meski ASI Anda kurang lancar. Bayi yang baru lahir masih bisa bertahan hidup sehari semalam meski tidak mendapatkan asupan nutrisi sama sekali dari luar.

Di luar semua persiapan tersebut di atas, yang terpenting adalah pastikan Anda mendapat banyak informasi sehingga Anda dan suami tidak terbebani perasaan takut yang tidak beralasan. Good luck moms.

1 Response to "Persiapan menjelang persalinan"

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Populer

Masukkan alamat email Anda

Join 9 other followers

Alexa

Alexa Certified Site Stats for 

http://hotmommies.wordpress.com
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: