smart and sexy mom

Ibu hamil tidak boleh dipijat?

Posted on: 22/11/2009


Menjelang trisemester ketiga apalagi yang dikeluhkan ibu-ibu hamil selain pegaaal.. Menggendong 2 kg dedek bayi di perut kemana-mana tentu bukan hal mudah. Sempat beberapa waktu lalu dua orang ibu hamil gaul (bisa ditebak siapakah itu) memutuskan untuk pergi ke salon untuk creambath. Kan lumayan ada pijat punggung colongan tuh.


Tapi sepertinya itu belum cukup karena setelah melihat ada fasilitas pijat refleksi kaki, buru-burulah kami menambahkannya sebagai bagian dari treatment yang diminta.  Memang sebelum ke salon, kami berdua sudah tahu bahwa ibu hamil itu pantang dipijat di daerah perut, pinggang, dan pinggul. Ketiga bagian itu rentan dengan kontak langsung pada bayi di kandungan. Kalau toh boleh, pemijatan harus dilakukan oleh ahlinya yang mana biayanya mahal sekali :(  Walhasil, dua jam kemudian kami keluar salon dengan wajah seperti orang yang baru saja dapat pencerahan dari Mario Teguh hehe. Bengkak di kaki pun menghilang berkat pijat.

Namun esoknya temanku menelepon dan mengatakan kalau pijat refleksi itu berbahaya. OMG! Tapi benarkah pijat refleksi berbahaya?  Dari beberapa artikel yang diubek-ubek di dunia maya, aku mendapatkan keterangan semacam ini:

Pijat di bagian perut, pinggang, dan perut harus dilakukan oleh orang yang mengerti seluk beluk kandungan dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Yang harus diperhatikan antara lain :
* Pada saat dipijat jangan sampai terjadi kontraksi, apabila terjadi kontraksi segera hentikan aktivitas pijat tersebut.
* Pastikan kandungan tidak sedang bermasalah.
* Untuk menjaga hal yang tidak diinginkan, lebih baik pijat dilakukan pada usia kehamilan 5 bulan ke atas.
* Yang paling penting, pijat dilakukan oleh terapis/orang yang mengerti dan terlatih dalam hal pijat ibu hamil.

Manfaat pijat bagi ibu hamil antara lain :
* Dapat membetulkan posisi bayi ke bentuk yang seharusnya (sekali lagi, ini harus dilakukan oleh terapis yang benar2 terlatih)
* Melancarklan peredaran darah sehingga memberikan relaksasi pad aurat dan saraf
* Melancarkan metabolisme tubuh  Pijat telapak kaki (refleksi) juga perlu diperhatikan karena ada saraf-saraf yang berhubungan dengan rahim.

Pastikan ketika pijat tidak terjadi kontraksi dan masalah lainnya. Dianjurkan tidak melakukan pijat refleksi kaki. Bagian tubuh yang boleh dipijat dan tidak berisiko adalah betis, tangan, punggung, dan leher.

Thanks God. Ternyata jawabanku di telepon benar! Saat itu aku bilang: Yang penting nggak kontraksi kan mbak. Mudah-mudahan aman dan baik-baik saja.  Jadi memang dilarangnya kegiatan pijat memijat ibu hamil ini erat kaitannya dengan kontraksi. Tak ada kontraksi, amanlah proses pemijatan tersebut.

Tapi kalau mau garansi aman dan murah, silakan malam-malam sebelum tidur, memeluk suami masing-masing dan berkata: Sayang, pijitin punggungku doonk hehehe…

8 Responses to "Ibu hamil tidak boleh dipijat?"

kalo yang mijat dukun bayi masak gak boleh juga thu mba.

Hi hot moms, gak sengaja ketemu blog ini. aku mau share nih soal pijat hamil yang masih banyak pro dan kontra ini. Waktu itu aku pernah ikut seminar pregnancy di singapore dan disana aku baru tau ternyata pijat selama hamil itu sangat baik buat ibu dan janin asalkan dipijat ditempat yang benar. Nah kalo soal membetulkan posisi bayi itu jangan coba2 deh mos, karena bisa bahaya buat bayi didalam perut. Reflexi juga gak boleh karena bisa membahayakan janin juga. Jadi saran aku jangan ke dukun atau tukang pijat sembarangan. Ok lanjut ceritaku ya… pas di singapore aku coba cari tempat pijat buat ibu hamil ternyata susah banget dan akhirnya aku ketemu 1 tempat dan disana aku ngobrol sama PR nya katanya di jakarta juga ada malah lebih bagus daripada singapore, namanya mom n jo. Pas balik jakarta aku cari tau ternyata emang ada spa khusus ibu hamil dan bayi namanya mom n jo di daerah dharmawangsa dan banyak cabang mom n jo ditempat lain juga (gak tau dimana aja) aku ke mom n jo dan disana ada perawatan kecantikan yang bener2 di konsepin buat ibu hamil. Tempatnya, bahan2nya semuanya bener2 dibikin aman dan nyaman buat ibu hamil, Kalo tertarik bisa coba hubungi aja mom n jo, aku punya nomor PR nya nih 089.99.000.006 mbak helwa. katanya di surabaya juga ada

Kandungan saya baru 2 minggu apakah boleh di pijat selama 15 menit??? Thxs

apa shi hot moms alasannya daerah kaki gak boleh dipijat????tolong penjelasannya

saya sedang hamil 7 bulan benarkah ibu hamil usia skrg harus sering d pijat bagian perut agar mempermudah prosesi kelahiran dan dapat jg memperbaiki posisi janin yg sungsang tks.

hai slm kenal..aaku mau tnyaa nih..aku baru hamil 2 bulan betis kanan suka sakit..trus ska suka dipijit ama suamiku kena telapak kaki jga klw pas telapak kaki dipijat skit…boleh ga cI??klw dipijit

Iya,didaerah ku jg ad tkg pijet yg sering bgt menawarkan jasa nya sm aku selama aku hamil ini,katax biar ntr proses melahirkanx gampang,bener ap ga sih? Atau cm biar beliau dpt penghasilan aj yahc?

Alhamdulillah nemu blog ini… kemarin saya panik karna abis pijat dirumah sma tukang pijat langganan pas UK 18w5d.. karna setelah pijat baru tau kalo telapak kaki ga boleh dipijat. makin googling makin parno pingin USG lagi… setelah baca blog ini selama ga ada kontraksi InsyaAlloh ga masalah jadi sedikit tenang. tapi saya kapok n ga mau lagi nyoba2 pijat tahan sampe debay lahir ntar hihihihi. makasih ya mbak infonya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: