smart and sexy mom

Cuti kreatif ala ibu hamil

Posted on: 25/11/2009


Sebagian besar nasihat yang dilayangkan kepada ibu hamil trisemester ketiga adalah beristirahat sebanyak mungkin. Ini memberikan manfaat positif bagi ibu dan janin. Tapi setelah jatah cuti diambil, moms malah merasa bosan dan bingung hendak melakukan apa. Akibatnya justru stress yang didapat.

Berikut daftar aktivitas ringan yang bisa dilakukan moms selagi menunggu saat-saat melahirkan:
1. Berselancar di dunia maya
Bukan asal berselancar, moms bisa memanfaatkan waktu luang dengan mencari informasi sebanyak-banyak soal kehamilan. Moms juga bisa iseng ikutan lomba menulis yang diadakan di dunia maya. Contohnya seperti kontes menulis perjalanan wisata yang ada di blog ini.

Moms juga bisa mencari info tentang seminar ibu hamil lewat internet. Salah satu media yang menyediakan info online adalah ini dan ini

2. Mulai ikut senam hamil
Di trisemester ketiga, senam hamil sangat berguna bagi kelancaran saat melahirkan. Info tentang senam hamil dapat dilihat di website-website berikut ini: RSIA Tambak, RS Carolus , RS Bunda, dan RS Hermina.

3. Belanja online.
Mendekati masa persalinan, moms memang sudah tidak boleh sering beraktivitas di luar rumah. Salah satu alternatif belanja adalah dengan berbelanja online. Moms bisa mencari-cari harga termurah untuk produk bayi. Moms juga bisa memanfaatkan fasilitas belanja online untuk barang kebutuhan moms seperti kosmetik, perkakas dapur, alat elektronik. Untuk info kosmetik diskon ada disini. Di web ini terdapat diskon kosmetik-kosmetik terkenal hingga 30%. Dan dengan pembelian minimum tertentu, biaya antarnya gratis. Sementara itu informasi tentang diskon berbagai barang juga bisa dicari disini

4. Berakhir pekan dengan keluarga
Tak perlu jauh-jauh ke luar kota. Di akhir tahun biasanya beberapa tempat hiburan menyediakan diskon yang menarik. Seperti di Dunia Fantasi. Tempat ini menyediakan diskon 50% untuk wahana dunia fantasi, mulai dari 11 Nopember sampai 11 Desember 2009. Anda bisa mengajak keponakan atau keluarga, untuk bersenang-senang sejenak.

5. Peralatan elektronik.
Khusus peralatan elektronik, moms harus mempersiapkan ekstra cermat. Jika moms belum memiliki mesin cuci atau kulkas yang memadai, sebaiknya mulai mencari informasi dari sekarang. Kulkas dua pintu akan lebih baik karena memiliki ruang freezer lebih luas. Ini penting bagi moms yang cutinya hanya sebentar dan harus menyimpan ASI dalam pendingin. Setelah menemukan barang yang disukai, moms bisa memanfaatkan diskon akhir tahun untuk membeli berbagai peralatan tersebut.

6. Mencari informasi untuk investasi
Selain persiapan fisik dan mental, moms dan dad juga perlu mempersiapkan anggara-anggaran tak terduga setelah bayi Anda lahir nanti. Untuk jangka pendek, moms bisa memanfaatkan bonus akhir tahun untuk ditabung. Namun moms juga bisa mulai menginvestasikannya untuk kebutuhan jangka panjang seperti pendidikan anak. Sebelum memutuskan untuk membeli salah satu produk investasi, ada baiknya moms mencari informasi sebanyak-banyaknya via internet.

7. Memikirkan masa depan
Jika Anda dan pasangan belum memiliki tempat tinggal, manfaatkan diskon akhir tahun untuk mulai mencicil hunian idaman Anda. Biasanya para pengembang mulai berlomba-lomba memberikan diskon untuk memikat Anda yang baru saja mendapat THR. Moms bisa mulai mencari alternatif rumah yang ingin dibeli. Bisa landed house atau apartemen bersubsidi.

Teliti sebelum membeli
Perang diskon di akhir tahun sudah tidak aneh lagi. Berbagai trik dan promosi digunakan produsen untuk memikat pembeli. Berikut contohnya:
1. Diskon langsung, artinya didiskon 10%, 25%, dst dari harga jual. Ada juga yang diskonnya berupa barang atau produk berbeda. Yang lain menawarkan diskon dengan cara boleh membeli produk tertentu dengan harga sangat murah. Gaya lain, beli dua gratis satu, dan aneka penawaran lainnya. Semuanya mempunyai arti sama, yaitu potongan harga alias harga murah.

Untuk barang elektronik atau non food lainnya, kita harus lebih teliti terhadap kualitas dan GARANSI. Pastikan mana perusahaan yang resmi wakil dari agennya. Jangan sampai terjebak barang murah tetapi berasal dari black market.

2. “Kami beli barang bekas Anda”.
Apakah iklan semacam ini sering Anda temukan? Biasanya toko tersebut membeli barang bekas Anda, kulkas misalnya, yang masih baik maupun sudah rusak. Tapi ujung-ujungnya hasil penjualan barang bekas Anda, harus dibelikan lagi barang serupa yang dijual toko itu. Ini tak ada bedanya dengan diskon. Cermati saja apakah harga barang bekas yang kita tukar setara dengan harganya saat kita menjual sendiri. Jika tidak, berarti Anda rugi.

Tips membeli barang diskon
1. Sisihkan dulu, berapa budget untuk membeli barang yang dibutuhkan. Pegang angka ini dengan ketat.
2. Beli barang yang memang dibutuhkan.
3. Teliti kualitas barangnya. Barang standard atau barang bekas pakai. Ada garansi atau tidak.
4. Manfaatkan jasa antar gratis.
5. Jangan membeli secara kredit jika mampu membeli tunai.

3 Responses to "Cuti kreatif ala ibu hamil"

salam kenal… nice blog…

Ide menarik nih….Sambil menunggu kelahiran sambil surfing. Gimana kalo ditambah sambil jualan online juga…? Kan gak capek…hehehe

@grosirbatiksolo: thx. salam kenal juga.
@blog kreatif: iya betul juga hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: