smart and sexy mom

Antara wajah cantik, bayi dan hormon

Posted on: 26/11/2009


Apakah Anda sering memergoki bayi Anda memandang dengan seksama tetangga sebelah yang cantik? Ataukah Anda menyadari banyak perbedaan antara bayi laki-laki dan perempuan? Temukan jawabannya disini.

1. Bayi menyukai wajah cantik dan tampan
Hasil temuan Dr Judith Langlois dan rekan-rekannya di University of Texas, Amerika menemukan bayi-bayi cenderung reaktif dan reponsif terhadap orang-orang berwajah kaya ekspresi dan indah (cantik atau tampan). Lebih dari 700 bayi yang diamati terlihat responsif, ramah dan murah senyum serta bermain. 35% diantaranya memiliki ibu atau ayah berwajah cakep dan ekspresif. Wajah cantik juga memberikan keseimbangan dan simetri yang lebih baik, sehingga kesehatan tubuh dan genetik secara keseluruhan cenderung lebih baik.

2. Bayi perempuan lebih cepat bicara.
Penelitian di Virginia Polytechnic Institute and State University, AS, 2008 menemukan bahwa kemampuan berbahasa dan motorik halus anak perempuan berkembang 6 tahun lebih awal dari area otak anak lelaki. Sementara itu area di otak yang melibatkan kemampuan spasial dan menargetkan suatu hal berkembang 4 tahun lebih awal pada anak lelaki dibandingkan otak anak perempuan. Penelitian ini dilakukan terhadap 224 anak perempuan dan 284 anak lelaki usia 2 bulan – 16 tahun.

3. Bunuh diri ditentukan sejak bayi
Tim dari Swedia pimpinan Dr Danuta Wasserman yang melakukan penelitian atas 700.000 remaja.
Secara mengejutkan, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa berat badan bayi saat dilahirkan menjadi penentu resiko bunuh diri dikemudian hari. Bayi yang lahir dibawah rata-rata memiliki resiko dua kali lebih tinggi untuk melakukan bunuh diri dibandingkan dengan bayi yang lahir secara normal. Resiko itu akan semakin tinggi jika ibu yang melahirkan masih berusia remaja! Karena itu Dr Danuta Wasserman menyarankan agar tiap ibu selama kehamilan menjaga nutrisi dengan baik termasuk tidak mengkonsumsi alkohol dan obat-obatan.

5. Penyebab bayi prematur
Perempuan yang pernah memiliki penyakit kanker semasa kecil berisiko dua kali lebih besarĀ  melahirkan bayi prematur atau melahirkan sebelum waktunya, dibanding perempuan sehat.

6. Antara bayi dan kucing
Seorang ibu memiliki kesamaan nada bicara serta penekanan intonasi saat berbicara dengan hewan peliharaan dan bayi. Ini karena nada bicara dan penekanan intonasi terkait dengan ungkapan rasa sayang yang biasanya tercurah pada anak dan hewan peliharaan.

7. Berbicara dan bertindak
Hormon estrogen yang diproduksi di tubuh perempuan membuat bayi perempuan lebih cepat mengembangkan pertumbuhan koneksi di pusat komunikasi, emosi dan kemampuan verbal. Sementara hormon testosteron yang diproduksi di tubuh laki-laki menumbuhkan lebih banyak sel di pusat seks dan agresivitas!

1 Response to "Antara wajah cantik, bayi dan hormon"

pantesan saya disukai anak2, apalagi banyak bayi yang lengket dan nyaman begitu saya gendong, hehehehehheh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: