smart and sexy mom

Darah tali pusar jadi materi kloning?

Posted on: 30/11/2009


Informasi tentang khasiat tali pusar ini sebenarnya sudah merebak di Indonesia tahun 2007. Ini diawali dengan berdirinya PT Cordlife Indonesia yang resmi beroperasi 1 Oktober 2007. Perusahaan ini berfungsi sebagai bank penyimpan darah tali pusar. Tali pusar sendiri mampu menyebuhkan 80 jenis penyakit termasuk penyakit yang selama ini sulit disembuhkan seperti jantung, stroke, kanker, leukemia, thalasemia mayor, lupus dan kelainan sistem syaraf.

Namun jumlah peminat penyimpan darah tali pusar ini tidak pesar karena faktor biaya yang terlalu mahal. Untuk biaya pengambilan, pemrosesan dan penyimpanan selama tahun pertama mencapai Rp.9 juta. Sementara itu biaya penyimpanan per tahun Rp.1,25 juta. Ini diklaim lebih murah oleh PT Cordlife Indonesia, dibandingkan biaya penyimpanan di Singapura yang mencapai 2000 dolar Singapura pada tahun pertama, dan 250 dolar Singapura per tahun.

Biaya penyimpanan ini terhitung mahal karena dalam proses pengambilan hingga penyimpanannya menggunakan teknologi tinggi yang disebut teknologi sel induk (stem cell). Dengan ilmu tersebut, para peneliti bisa mengembangbiakan sel di dalam tubuh. Bukan hanya itu, teknologi ini mampu membuatnya menjadi sel-sel baru. Ini menjadi harapan bagi penyakit-penyakit degeneratif karena secara hipotesa, banyak penyakit yang terjadi karena degenerasi sel akan bisa terbasmi lewat pengembangan teknologi ini.

Terkait tali pusar, sudah sejak tahun 1963 peneliti melihat darah dalam tali pusar bayi (ari-ari) memiliki potensi untuk menjawab pertanyaan tersebut. Darah dalam ari-ari dan tali pusar mengandung jutaan sel induk pembentuk darah, yang sejenis dengan sel induk di dalam sumsum tulang. Dengan fungsi yang kemudian dianggap sama, banyak peneliti sekarang beralih memakai darah dalam ari-ari bayi untuk penyembuhan berbagai penyakit berat seperti anemia, leukemia, thallasemia, dan lainnya. Bahkan di masa mendatang, kemampuan teknologi ini dipercaya bisa memperbaiki organ tubuh rusak karena penuaan dan teknologi kloning!(dari berbagai sumber)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: