smart and sexy mom

Merawat rambut dengan bumbu dapur

Posted on: 01/12/2009


Bagi moms yang sedang hamil, perawatan rambut sudah tak bisa dilakukan sembarangan. Seluruh bahan yang bersifat kimia harus dihindari karena bisa berpengaruh pada kesehatan janin. Berikut tips memanfaatkan bumbu dapur untuk rambut sehat penuh gaya.

1. Cuka Apel. Selain baik untuk kesehatan, cuka apel ternyata juga bagus untuk menghaluskan rambut. Caranya, campurkan 1 atau 2 sendok makan cuka apel dengan tiga gelas air. Gunakan ramuan ini untuk berbilas setelah Anda menggunakan shampo. Ini akan membuat rambut lebih lembut dan halus dan bagus untuk semua jenis rambut. Selain itu untuk menghaluskan rambut, Anda bisa juga menggunakan ramuan berikut ini. Campurkan setengah gelas jus lemon dengan 2 sendok makan cuka apel. Tambahkan 1 gelas air biasa. Ramuan ini tak hanya berguna untuk membilas tapi juga sebagai shampo bagi rambut yang berketombe. Tertarik untuk mencoba?

2. Terapi mudah rambut berketombe. Selain tips di atas, ada juga tips alami menghilangkan ketombe di kepala. Oleskan Johnson & Johnson’s Baby Oil di kulit kepala, terutama yang berketombe, sesaat sebelum tidur. Baunya mungkin agak tidak enak keesokan harinya. Karena itu pastikan pagi harinya Anda keramas dengan bersih. Tips ini hanya berlaku untuk ketombe kering. Jika ketombe Anda berbentuk lempengan besar dan menyebabkan kulit kepala lembab bahkan koreng, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

3.Coklat, pewarna alami. Bagi moms yang sedang hamil, tentunya agak sulit untuk memperbaharui penampilan terutama mewarnai rambut. Jangan khawatir moms. Untuk menghasilkan warna coklat pada rambut, moms cukup melongok dapur dan mencari apakah ada sisa bubuk coklat tanpa gula (terutama merk Hershey). Tambahkan beberapa sendok teh bubuk coklat tersebut ke dalam shampo yang sudah diberi air sedikit. Setelah dicampur dengan merata, gunakanlah untuk keramas. Anda juga bisa mencampurkannya ke dalam conditioner. Pastikan bubuk coklat yang Anda miliki tidak mengandung gula. Setelah didiamkan beberapa menit, barulah dibilas. dan voila… rambut Anda akan terlihat lebih gaya dengan warna coklat bersinar.

4. Warna rambut lebih terang.
Jika ingin membuat warna rambut lebih terang, hindari penggunaan bahan-bahan kimia. Cukup oleskan jus lemon ke rambut Anda (jus lemon alami tanpa gula), dan jemur rambut selama beberapa menit. Lakukan ini setiap hari. Seminggu kemudian Anda akan melihat rambut hitam Anda akan berubah kecoklatan secara alami.

5. Duo power untuk rambut kuat dan sehat.
Seperti kita ketahui, telur mengandung tujuh nutrisi esensial dan protein. Sementara itu minyak zaitun berfungsi sebagai pelembut dan nutrisi bagi rambut sehat. Dua bahan ini dapat Anda buat ramuan bagi rambut kuat dan sehat. Caranya, campurkan dua butir telur untuk rambut pendek, atau tiga untuk rambut panjang. Tambahkan tiga sendok makan minyak zaitun ke dalamnya. Olesi rambut Anda dengan ramuan tersebut dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilaslah dengan shampo yang aromanya sedikit lebih kuat dari biasanya, untuk menghilangkan bau amis telur. Dan rambut Anda pun siap untuk melengkapi hidup Anda yang berwarna.

6. Salah mewarnai rambut?
Pewarna rambut tak selamanya bekerja sesuai keinginan kita. Terkadang setelah selesai mewarnai, warna yang muncul jauh dari harapan. Jika Anda salah satu yang mengalami hal tersebut, cobalah tips sederhana berikut ini. Tuangkan Diet Coke ke seluruh rambut Anda. Diamkan beberapa menit dan pastikan seluruh rambut telah terkena Diet Coke. Bilaslah rambut Anda setelah itu. Pewarna rambut akan luntur seketika, terutama jika proses pewarnaan rambut tidak jauh berselang dari saat Anda membilasnya dengan Diet Coke.

7. Mengusir bau asap rokok.
Tak ada yang lebih buruk dibandingkan berkumpul bersama para perokok di ruang tertutup. Selain membuat baju lekas bau, rambut dan tubuh pun terkena dampaknya. Untuk menghilangkan bau asap rokok di rambut secara instan, oleskan tissue basah ke kepala Anda. Tak perlu banyak-banyak, secukupnya saja. Ini bisa menjadi alternatif saat Anda tak memiliki waktu untuk mencuci rambut.

5 Responses to "Merawat rambut dengan bumbu dapur"

mbak udah cobain tips yang lemon itu terus rambutnya dari asalnya hitam legam menjadi coklat, thanks

sama-sama.. salam kenal ya

kalo rambutnya beruban gimana ya tips kasih pewarna alaminya

Hmm. .tipsY baguz. . .
Thx y. .

OK

Di coba deh tips nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: