smart and sexy mom

Miss V kendur pasca persalinan hanya mitos

Posted on: 17/12/2009


Banyak perempuan zaman sekarang yang memilih melakukan proses kehamilan dengan operasi caesar karena takut Miss V-nya longgar setelah melakukan persalinan normal. Pada dasarnya, semua perempuan yang melakukan persalinan per vaginal memang akan mengalami masalah itu di minggu awal pasca persalinan. Apalagi untuk persalinan anak pertama, otot dan jaringan pendukung lain memang ada kemungkinan rusak.

Namun jangan khawatir, moms. Seiring berjalannya waktu, biasanya setelah masa nifas selama 40 hari, miss V yang pada dasarnya elastis pasti akan kembali ke bentuk semula. Bahkan dalam masa ini berhubungan intim sudah mungkin dilakukan. Kemungkinan kendurnya elastisitas miss V hanya terjadi jika moms kerap melahirkan dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama, dan kurang memperhatikan perawatan pasca persalinan.
Berikut beberapa tips populer perawatan pasca persalinan, yang berguna untuk mengembalikan elastisitas miss V.
1.Senam kegel
Senam kegel pertama kali diperkenalkan tahun 1948 oleh Dr Kegel, seorang gynecologist ( dokter spesialis penyakit dan kesehatan sistem reproduksi perempuan). Awalnya bertujuan memperbaiki ketidakmampuan menahan kencing para perempuan pasca persalinan. Latihan ini berfungsi menguatkan otot pubococcygeus, membantu perempuan memulihkan kondisi setelah melahirkan. Tapi yang menarik, pasien perempuan tersebut dilaporkan mendapatkan kepuasan seksual luar biasa yang belum pernah dialami sebelumnya, setelah menjalani senam kegel.
Kemudian diketahui senam ini memperkuat otot pubococcygeus, otot seksual utama pendukung vagina, penis, uterus, rectum dan bagian tubuh lain yang terkait fungsi seksual seperti orgasme dan ejakulasi baik pada wanita maupun pria. Disamping itu, senam kegel juga membantu menyembuhkan impotensi dan kesulitan menahan kencing. Siapapun dapat dapat melakukan senam kegel, kapanpun, dimanapun dan pada berbagai variasi usia. Pada pria, latihan ini akan meningkatkan kemampuan mengontrol & mengatasi ejakulasi dini, ereksi lebih kuat dan meningkatkan kepuasan seksual saat orgasme. Selain itu, multiple orgasme bisa dialami pria berkat berlatih senam kegel.

Caranya, lakukan gerakan seperti menahan kencing. Tahan kontraksi selama 10 detik lalu relaks selama 10 detik. Ulangi kembali hal serupa selama 5 menit selama empat kali sehari. Anda harus melakukannya secara intensif selama enam bulan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

2.Spa Vagina
Ini metode perawatan alat reproduksi wanita yang menggabungkan berbagai terapi kuno. Ada teknik pengasapan atau penguapan. Ada juga teknik pijat akupresur pada seluruh tubuh dan terutama vagina. Ada juga meditasi gerak atau semacam kegel khusus untuk vagina.
Beberapa terapi tersebut cukup aman. “Terapi spa sebenarnya umum digunakan dalam perawatan kesehatan, hanya kali ini khusus diterapkan untuk bagian vagina saja,” ungkap Hj. Worro Harry Soeharman, M.Ph, MKA, penggagas terapi V-spa.

3. Totok
Biasanya usai melahirkan, hormon para moms menjadi tidak stabil. Hal ini akan memicu cairan berlebih pada vagina. Akibatnya, banyak pasangan mengeluhkan dampaknya terhadap hubungan seks. Untuk mengatasinya, cobalah totok vagina. Ia berguna memperlancar aliran darah dan menguatkan otot-otot di daerah panggul. Jika aliran darah lancar, maka cairan pada vagina pun keluar dengan normal, tidak berlebihan. Dan jika otot-otot panggul kuat, maka kehidupan seksual Anda pun semakin berkualitas. Totok vagina biasanya dilakukan oleh orang yang sudah ahli.

4. Pengasapan atau ratus
Ratus kerap dilakukan perempuan jaman dulu. Caranya, dengan membakar rempah-rempah wangi di wadah yang disebut anglo. Guna pengasapan adalah untuk mematikan bakteri, dan menjaga vagina tetap kering. Anda pun dapat melakukan sendiri di rumah, dengan membeli perlengkapan berupa, anglo, kursi rotan khusus, dan rempah wangi yang kini banyak dijual. Jangan terlalu sering melakukan ratus, cukup 2 minggu sekali. Jika terlalu sering, bakteri yang berguna bagi vagina jadi ikut mati. Hal ini malah akan membuat daya tahan vagina terhadap penyakit menjadi menurun.

Selamat mencoba dan mudah-mudahan kehidupan rumah tangga Anda jadi lebih baik.

4 Responses to "Miss V kendur pasca persalinan hanya mitos"

boleh g ya melakukan ratus pd saat hamil muda?

nggak boleh mbak, karena ratus fungsinya untuk membuat rahim menjadi kesat dan akhirnya kembali ke bentuk normal. kalau ada baby-nya kasihan nanti..

mbk, mau tanya… kalau wanita yang blom pernah melahirkan apa boleh ngga totok vagina atau pun ratus… walau wanita itu udh nikah

cara pengasapn itu gemana,dan bahan-bahannya apa aja ya mba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: