smart and sexy mom

Kontrasepsi alami 99% akurat

Posted on: 25/10/2010


Kita hanya akan mengeluarkan satu telur dalam setiap 28 hari ukuran normal.”

Kutipan di atas saya ambil dari halaman 37 buku berjudul Memilih Kontrasepsi Alami dan Halal, karangan dr.Dwi Anton dan dr.Dyah Andari (mereka adalah pasangan suami istri). Fakta tersebut digali mereka berdua, sehingga menghasilkan metode kontrasepsi alami yang 99% berhasil. Bagaimana caranya? Berikut ringkasan yang saya ambil dari buku tersebut.

MEMBACA PERTANDA

Meski proses pengeluaran sel telur tidak secara langsung bisa kita lihat, pertanda dari proses tersebut bisa kita amati. Anda bisa mulai dengan metode pembacaan SUHU BASAL BADAN. Menjelang ovulasi, suhu badan akan turun rata-rata dari sebelumnya, lalu meningkat di atas rata-rata saat ovulasi terjadi. Pengamatan ini harus dilakukan rutin setiap hari setelah bangun tidur. Jangan melakukan aktivitas apapun terlebih dulu, termasuk minum. Pokoknya bangun, ambil termometer digital, ukur suhu tubuh, langsung catat di tabel. Kemungkinan kita akan familiar dengan metode ini setelah melakukannya selama 3 bulan.

METODE KEDUA

Lebih afdolnya, setelah mengukur suhu tubuh, Mom langsung mengecek LENDIR SERVIKS setelah buang air kecil di pagi hari. Caranya dengan mengusap bagian kewanitaan dengan tisu. Lendir yang tertinggal di tissue kita ambil dengan menggunakan dua jari. Jika saat direnggangkan lendir tersebut berwarna bening seperti putih telur mentah dan bisa memanjang hingga beberapa cm, berarti masa ovulasi Anda telah datang. Jika ingin punya anak, Anda harus berhubungan di masa ovulasi. Jika ingin menunda momongan, hindarilah masa ovulasi. Mudah kan? Dan jika sudah mahir membaca pertanda dari suhu basal badan dan lendir serviks, Anda hanya perlu menghindari berhubungan suami istri selama 3 hari saja dalam sebulan. Selebihnya, terserah Anda🙂

Untuk informasi yang lebih jelas mengenai apa itu ovulasi, teknis lengkap membaca suhu badan dan lendir serviks, perbandingan antara metode kontrasepsi satu dengan lainnya, silakan membaca langsung buku Memilih Kontrasepsi Alami dan Halal. Selamat membaca, Smart Mom! (erradevi)

Baca juga:
<Berani berpikir di luar kotak/a><>

2 Responses to "Kontrasepsi alami 99% akurat"

Itu sama aja dengan sistem kalender ya.. tapi kayaknya agak ribet bukankah mendingan pake Alkon yg efektif walaupun memang kadang2 ada efek sampingnya.. namanya juga usaha..

Ini bisa dijadikan alternatif bagi yg kurang cocok dengan alkon walaupun cara ini harus benar2 di laksanakan dengan saling pengertian terutama dari suami..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: